25 Sep 2008

nga-YOGYAKARTO


Road to this city sudah lama banget, tapi memories teteeup…
Planning yang memakan korbanDari awal sudah perjanjian siapa yang deal ikut berarti gak boleh berubah. Akhirnya korbannya si Gedhe. Gak ada angin gak ada hujan, pas mau bayar ke agen travelnya, ee.. gak jadi ikut. Konsekuensinya, tetap bayar penuh dua ratusan lebih seingatku waktu itu. Hehehe… kasihan sih, tapi mau gimana lagi, kan harus konsisten, biar tidak hobi mangkir.
Let’go to JogyaBerangkat dari kantor jam sembilan malem. Ada yang mulai membuat tertawa. Si Eli dateng2 bawa koper seret seperti pulang dari AFI. Huahaha.. padahal semuanya pakai ransel karena emang niatnya backpacker-an. Lagian karena gak dapet penginapan karena long week end, kit amutusin long road ke Solo mampir ke rumah mbak Dewi. Setelah lengkap langsung cabut, eee.. baru nyampe Pujon, Batu Malang, Eli sudah hoek…hoek…! Padahal seperempat perjalanan aja gak ada. Tapi lumayanlah, setelah itu membuatnya tertidur pulas. Sempat menurunkan teman2 yang gak ikut ke Solo, karena langsung mau beredar di Jogya.
Di SoloTiba di pagi buta membuat anak2 langsung tepar. Langsung menelusup ke balik selimut. Walaupun bangunnya masih dengan mata sepet, ya dipaksa, sungkan sama empunya rumah. Lagian sudah ada teh hangat dan kue zebra khas Solo. Ditanyain mau sarapan apa, aku langsung usul nasi liwet, emang kalao di Solo menu ini gak boleh lewat. Sama Mb Dewi diberitahu kalo ada nasi liwet enak, tapi yang jual biasanya lewat depan rumah jadi harus nunggu.Okelah, akhirnya aku, Eli, Aris, Ata, M’Yudho nongkrong di depan rumah mulai jam enam pagi. Sudah nunggu lama, sampai jam setengah delapan, mboknya gak nongol2, kita sudah mulai bosen dan guyonnya udah campur bete. Udah mau cabut semua, aku maksa ntar lagi lah, tanggung.. Nah, gak lama kemudian dari kejauhan radius 75 meter ada nenek2 bawa gendongan di belakang. Aku bilang “ Ehh, itu kali yang jual nasi”. Si Eli, “ nggak ah, masa jual nasi kayak jual jamu gitu”. Aries menimpali, “ emang yang jual katanya mbak Dewi bawa apa?” gak ada yang tahu. Sampai neneknya mau lewat, kami malah “usreg” sendiri sambil “eker2an” , “ iya mbah ini kali” . “ nggak ah”. “tanya gih”. “ kamu aja gih.” Mbullet sampai mbahnya lewat di depan, kita Cuma ngeliatin. Aku jadi penasaran, langsung lari ke ibu2 yang jual sembako di depan rumah mbak Dewi untuk tanya, “ Bu, mbah itu yang jual nasi liwet ya?” . Si ibunya langsung tanggap, “ Lhohh, iya mbak” sembari memanggil mbok tadi, “ bu, liwet bu!”, padahal mbahnya sudah menjauh. Aku langsung menoleh ke arah teman-teman, mereka langsung cekakakan, suebell dehh. Coba aku gak ngotot tanya kan benar-benar sia-sia penantian dua jam. Akhirnya masing-masing orang makan 2 pincuk liwet, lapar tenaan rek, sambil cekikikan inget2 tadi.
Sorenya, nunggu matahari gak seberapa terik, kita waktunya jalan-jalan keliling Solo. Akhirnya kita nyarter becak dua buah. Senengnya keliling belusukan di Solo. Lewat jalan tikus samping keraton sambil inceng2 ke dalam, ngukur jalan raya, dan pastinya ke Pasar Klewer. Di pasar ini anak2 gak niat beli, tapi niat nawar ajur2an. Hehehe, anak2 jadinya ketawa-ketiwi, masak daster 50 ribu di tawar 10 ribu, dapet! Lumayan buat oleh-oleh orang rumah. Si Aries minta ditawarin batik buat ponakannya, dapet 4500 rupiah. Anak2 jadi mikir, wah seharusnya sebelum kesini, ngumpulin modal bersama trus kulakan dagangan, lumayan bagi hasilnya berlipat-lipat, hehe! Tapi kena batunya juga, pas nawar barang 50 ribuan ditawar 5000 sama yang jual diomeli, hihihi… anak2 langsung ngibrit sambil nahan ketawa. Pulangnya jelas kelaparan, atas pesen Mb Dewi, si becak mampir ke “Es Masuk” warung pinggir jalan tapi ramenya ampun banget. Akhirnya setelah lama ngantri, kita dapet tempat duduk. Langsung pesan Timlo dan aneka es, macem-macem. Timlonya huenak, bikin keringetan, gurih anget euyy, harganya juga tidak mahal, mantap pokoknya. Setelah itu belanja oleh2 dong. Serunya, vacation di Solo belusukan lewat gang kecil sampai hamper tabrakan sama mobil. Ngepres press!
Pulang ke rumah (orang sih) langsung mandi, tenguk2 lihat teve, sambil klop2an sama bendahara. Karen emang sudah kebiasaan, tiap kemana-mana pakai dana talangan dulu, baru hitung2annya belakangan. Malemnya di ajak makan gorengan sama Mb Dewi di tempat nongkrongnya anak2 Solo. Yang aku bayangkan tentang pisang goreng, tape goreng, kokam, jemblem, weci, semuanya meleset. Aku agak melongo melihat gorengan yang ada di Solo. Gorengannya ati rempelo goreng, babat, usus, bacem2am, wuihh.. kelas berat nih apalagi buat yang bakat kolesterol. Biarpun aku gak punya penyakit sehat walafiat tetep aja milih tahu goreng bacem aja, ngeri ah malem2 makan jeroan gak pake nasi. Di kombinasi sama teh tarik, yummie.. gak kerasa nongkrong sampe jam satu malem.
Goes to JogyaRencananya di hari kedua, kami having time ke jogya. Tapi karena kemaleman cangkrukan, akhirnya bangu kesiangan. Terpaksa berangkat tidak di pagi buta. Ke stasiun diantar Mb Dewi, mampir dulu ke tempat serabi. Katanya Mb Dewi buat sangu di Jogya. Wallah ternyata disana juga ngantri nunggu serabi mateng. Masaknya pakai arang, satu-satu jadinya lama, vintage banget. Tapi rasanya benar-benar mantap euyy, di bawain satu dos besar, alamak. Sampai stasiun ternyata, kereta Pramexnya sudah tuit tuit berangkat. Hmmhh… akhirnya nunggu lama yang Pramex ke tiga. Itupun akhirnya dapet tanpa tempat duduk sampai Jogya.
Turun di stasiun dekat Malioboro anak2 langsung jalan kaki, sambil tolah toleh. Karena keliatan seperti turis (local), di sepanjang jalan, ditawari penginapan. Tapi yang nawari badannya kayak algojo, Eli sampai ketakutan, katanya, “ ih, keliatan penginapan tidak beres, tampang orangnya serem kayak gitu”. Huss, gak boleh buruk sangka kale.. sepanjang siang ngalor ngidul di maliobror, ke Bering Harjo mencoba hobi baru “nawar ajrut2an”, ke Mirota, Di Mirota aku tidak bebas lihat2, soalnya selain ramenya gak ketulungan, juga ngelihat mantan SDM-ku di kantor lama. Hehehe… maklum aku keluar dari kantor gak pamit, karena pasti gak boleh. Pamit tiba-tiba dan tidak kembali waktu itu, Memang dunia itu sempit, menghindar dari Surabaya ketemunya di Jogyakarta. Sebenarnya orangnya baik, tapi kalo bicara blak2an, males aja di godain habis2an sama Bapak itu.
Setelah itu, target berikutnya, ke Kota Gede, cari perak. Karena Eli dari berangkat sudah wanti-wanti di Jogya harus naek dokar, ya sudah akhirnya nyarter Dokar. Eli langsung menclo di samping pak kusir, di kentutin kuda juga nggak kerasa, padahal yang di belakang sudah ampun2 sama baunya. Sambil goyang2 anak berusaha ngabisin serabi, tapi sudah kebanyakan, mau di buang saying. Akhirnya sama si Aris ditawarin ke Pak Dokar, “ Pak, mongo serabinya buat bapak aja ya”. Si pak Dokar, “ Sampun mas, maturnuwun”. “ lho gak papa pak, ini anak-anak tadi sudah kekenyangan pak, eman-eman bisa di bawa pulang”, timpal Aris. Pak DOkar tertawa, “ oalah mas, saya sudah bosen juga, wong istri saya di rumah jualan serabi.” Kami jadi bingung mencari alternatif lain menghabiskan serabi, akhirnya sambil mendelik2, terpaksa dihabiskan. Di Kota Gede, lama banget milih2 perak, karena emang bagus2. Pak dokanya akhirnya di baar 60ribu rupiah, padahal awalnya segitu dan deal setelah di tawar 30ribu. Tapi karena sudah tau jauhnya, anak2 malah kasihan gak tega. Dasar tidak konsisten, hehe… sebelum balik ke malioboro, mampir dulu ke bakpia pathok, dan masing2 beli banyak, akhirnya kerepotan bawaknya, mana lagi harus balik ke Solo, pusing dah..
Sampe malioboro cari masjid, sholat dan istirahat. Mas Yudho ketiban sial, karena tasnya paling gedhe (suruh siapa bawa carrier) menampung semua bakpia pathok, tapi apa daya, wong kita mau mampir ke mall, keberatan kalo eteng2 belanjaan. Mau cari2 gudeg sepertinya kejauhan dan gak ngerti tempatnya. Akhirnya jauh2 datang ke Jogya, ujung2nya makan di Mac Donald juga. Terpaksa! Ee.. enak2 makan di dekat kaca sambil lihat orang lalu-lalang, ada orang syuting iklan masyarakat. Penasaran, anak2 berusaha mengamati jalan ceritanya. Dan ternyata bikin gak enak hati. Isinya (kemungkinan besar) “ orang jogya asli yang terkenal dengan Gudegnya mulai tergeser dengan pola hidup baru dengan masuknya warung waralaba luarnegeri seperti Mac Donald! Sialnya yang kena Syut kita-kita. Wallah mas-mas, kalo ada gudeg yang tempatnya seperti Mac D mending kita juga makan Gudeg. Gimana mau makan Gudeg, wong sudah gempor jalan, warung Gudegnya gak ketemu2, dan parno mendengar cerita orang2, biasanya pembeli pendatang di patok harga yang gak masuk akal kalo makan di warung2 gudheg tanpa harga.
Setelah kenyang, mampir dulu ke dalam mall, cari kaos lhas jogya asli, akhirnya dapet “sarapan” sama “ dagadu” asli. Sambil tingak-tinguk ke sana kemari, keluar mall sudah malam ternyata. sambil jalan ke tempat pemberhentian bus kota kita moto2 suasana jogya waktu malam, sembari nongkrong di dekat gedung Bi yang sudah tua. Si bus kota belum nongol2, padahal yang nunggu sudah bejibun. Alhasil, ada satu, aku reflek ngejar dan berusaha naek berebut dengan yang lain. Hmmhh, lega akhirnya di dalam bus juga. Aku noleh ke belakang, lhahh.. anak2 masih di bawah semua ternyata sambil nunjuk2 keaku tertawa-tawa. Eh, usut punya usut, anak2 keheranan atas kelihaianku ngejar2 bus kota, cepet berebutan naik. Katanya “p
Akhirnya jam sembilan malem tet sampe terminal buat naek bus ke Solo. Si Eli sepanjang perjalanan komat-kamit berdoa, aku sikut dia mendelik, ternyata dia ketakutan. Hahaha, dasar anak gak pernah jalan jauh. Padahal kalau melongok keluar kita bisa dapat view Candi Prambanan waktu malem, eksotis rada horor :-).
Back to MalangBesoknya sebelum pulang ke Malang, anak2 jalan2 pagi gak jelas arahnya. Membuang waktu sampai akhirnya travelnya tiba. WEks! mobilnya kok gak bagus kayak kemarin, anak2 sudah gak enak firasatnya. Beneran, gak jauh keluar dari kota Solo travelnya ngadat, akhirnya balik ke bengkel. Anak2 sudah bingung semua, laper celingukan gak ada warung, gelesotan di bengkelnya travel sambil guyon gak jelas. Setelah beres, akhirnya tancap gas ke Malang. Dalam perjalanan anak2 bikin perjanjian, siapa yang tidur duluan, bakalan di foto. Hahaha, setelah bertahan mati2an gak ketiduran aku mendengar dengkuran dari jok belakang. Akhirnya aku dan Eli sibuk mengabadikan Mas Yudho n Aries dalam pose yang "nggilani", rodo ngowo untung gak ngiler. Mau aku masukkan di posting ini gak tega, takut dituntut pasal mencemarkan nama baik. Besoknya... hpmmmhh dengan sangat terpaksa, kerja lagi deh, males euyyy!

0 comment:

Posting Komentar