19 Feb 2009

ANGKOT METAL!

Dibilang seru ya seru, dibilang nyebelin ya nyebelin, dibilang serem,
emang rada…
Awalnya karena harus pulang malem. Rutinitas tahunan, deadline evaluasi kinerja yang sudah di pelupuk mata membuat saya harus lembur setelah jam kerja. Sebab kedua, karena ga mau ngerepoti orang rumah, saya putusin naek angkot saja pulangnya, walau harus oper dua kali, dan perjalanan yang panjang kadang bikin pusing (kalau macet atau siang hari).
Sebelum cabut dari kantor, saya sempat ngelirik ke dinding, jarum jam sudah bergeser ke arah jam delapan seperempat. Haah.. lumayan belum jam sembilan (pastinya ya). Cepat – cepat jalan ke depan kantor dengan niat mau nyegat angkot, ternyata…

" Mbak..mbak.. terminal, hayo wess…", teriak kenek angkot. Saya agak bingung sedikit heran. Waktu itu lampu merah, angkot di tengah jalan. Di suruh naek aja sama si kenek, How come?? Disuruh nyebrang cepat-cepat di tengah kondisi kendaraan jalan terus yang mau belok ke kiri. Bisa-bisa bukannya naek, tapi ketabrak. Tapi celingukan ga ada angkot lagi, ya udah deh ngalah. Sedikit horor naek angkot di tengah jalan. Mana angkotnya pake
acara mundur dikit, bikin kendaraan dibelakangnya bingung. Lampu hijau bukannya maju malah mundur. Dasar angkot…
Lega juga sudah di angkot. Tapi rada ngeri melihat sopir angkot plus keneknya bergaya nge-punk. Ndilalah… sampai di depan supermarket, mereka turun, oper sopir plus parkir lama. Halah.. halah.. semakin lelet nih. Apalagi setelah itu penumpang yang satu-satunya teman seperjalanan akhirnya turun. Yaa.. sendirian deh.

Seperti biasa, jalanan sepi, penumpang tinggal sebiji, akhirnya jadi angkot race, ngebut! Begitu dekat dengan perlintasan kereta, saya heran, lho..lho.. sudah kelihatan dari jauh palang keretanya turun kok gak nge-rem – nge-rem ya? Kemudian… Chiiitttt!!! Gedubrakks!! Kursi cadangan dari belakang kelempar ke depan. Dan Gabruggh!! Saya pun kebanting ke besi belakang kursi sopir. Plus kaget gak ketulungan. Ternyata sopirnya kaget juga. Weleh… weleh… ntah karena nekat atau sudah tidak bisa dikendalikan, angkotnya
nyelip ke kanan maksa masuk perlintasan. Hwaaaa!! Saya langsung celingukan, seumpamanya kereta sudah dekat, saya sudah siap untuk meloncat. Sopirnya juga diem aja, tidak bilang maaf. Dasar ANGKOT METAL!

Turun di "illegal terminal" (hehehe…) lanjut ke angkot kedua yang bias turun dekat rumah. Alhamdulillah dapet tempat di depan, tapi sendirian lagi. Coba ngobrol sama supirnya, " kalau malem gini sepi ya pak?" Lantas ditimpali, " Iya mbak, memang sudah hamper jam sembilan". Hihihi… pertanyaan saya bodoh tidak ya?

Perjalanan saya dari ujung ke ujung. Jadi saya pastikan dulu, sampai tujuan terakhir tidak. Sopirnya "he-eh" aja. Tapi mungkin karena selama sepanjang jalan tidak ada penumpang lain. Akhirnya… " Mbak ikut itu saja ya.." , kata pak sopir seperti gak punya dosa (hehehe…) sambil nunjukin angkot yang ga ada penumpang di depannya. Jedhiankk!! Tanpa banyak cincong saya langsung turun. Dipaksa ikut angkot yang di depan, saya senyum aja sambil bilang, " n-g-g-a-k p-a-k". Dan langsung telpon hubbie minta jemput (akhirnya), lagian tinggal sekian kilometer dari rumah. Untung juga, ga diturunin di tempat sepi, masih ditemenin tukang bakso ma pangsit. Duasarr angkot…

Begitu hubbie datang, akhirnya saya di ledekin, " Dibilangin di jemput aja, kok gak mau, hehehe…". Huffhhh… gapapa diledekin daripada harus naek angkot "bison" gantinya angkot ijo kinclong ituhh.. Stt… walau cuma kabar burung dan gossip, saya jadi parno naek ngkot yang namanya "bison" ituhh. Mana yang katanya banyak copet, todong, bahkan pelecehan seksual, hiyyy, apalagi malam – malam. Dan lagi, saya memang rada antipati sama angkot satu ini, karena sering nyerobot penumpang angkot ijo kinclong (yang lebih mini ukurannya) juga sering ugal-ugalan. Saya sih Cuma sekali naek "bison" , sewaktu mau tracking ke gunung Welirang Arjuno. Selanjutnya? M – A – L – E – S.

Huffhh, lagi. Ternyata Malang sudah tidak senyaman dulu. Naek angkot sekitar jam sembilan malem aja, sudah bikin dag –dig-dug ajah. Tadi malam itu betul-betul malam yang aneh… Dipikir – pikir, paling aman dan nyaman ya jadi penumpangnya hubbie, whuehehe…

1 comment:

mrpall mengatakan...

masih untung ya mba ga jadi buntung ....cuman gedubrakan ajah tuh angkot, dasar sopir metal hehehehehe......

Posting Komentar